ALAT-ALAT PEMBUAT KOPI

1. V60

V60 ini adalah alat pembuat kopi, V60 merupakan alat penyeduh kopi yang menggunakan metode pour over. Bentuknya yang unik mungkin dapat membuat kita bertanya-tanya, bagaimana bisa menyeduh kopi tubruk di dalam gelas? Nah, rupanya, penyeduhan dalam V60 ini punya ciri khasnya sendiri.

Alat ini ada yang terbuat dari keramik, kaca, metal, plastik, hingga tembaga. Bentuknya seperti cangkir biasa, yang uniknya memiliki motif spiral. V60 memiliki ujung lubang yang membuat kita dapat mengontrol waktu ekstraksi, mengontrol suhu air, dan grind size atau potongan kopi. Hal ini berarti V60 akan menghasilkan rasa yang lebih ringan, jernih, dan bernuansa.

V60 juga dikenal sebagai salah satu metode pembuatan kopi yang cukup ikonis. Meski sudah banyak kafe yang juga menggunakan metode V60 sebagai salah satu menu pembuatan kopi andalan mereka, bukan berarti kita tidak bisa mencobanya sendiri

2. MOKA POT

Moka Pot bisa juga disebut Bialetti. Harganya cukup terjangkau, penggunaannya pun terbilang mudah. Moka Pot merupakan alat pembuat kopi manual yang ditemukan oleh Alfonso Bialetti, orang asli Italia. Alat ini juga bisa digunakan untuk membuat espresso shot, namun kamu harus mengubah rasio air dan kopinya jika ingin mendapatkan rasa yang ciamik.

3. ROK PRESSO

bagi kalian pecinta kopi espresso atau espresso-based, mungkin alat ini sudah tidak asing lagi. Hasil penyeduhan menggunakan ROK Presso dapat mendekati espresso ala mesin kopi profesional yang sebenarnya.

ROK Presso menawarkan kelebihan bagi kita untuk menentukan jenis bubuk kopi apa pun yang kita mau, suhu yang kita inginkan, serta tekanan yang kita butuhkan. Dibandingkan dengan mesin espresso standar, ROK Presso tidak memerlukan daya listrik.

Selain itu, kemasannya yang mudah dibawa kemana-mana juga menjadi nilai plus bagi mesik buatan Patrick Hunt ini. ROK Presso terdiri dari “kedua tangan” yang berfungsi sebagai presser atau penekan, tamperportafilter, cerat (spout), serta pembuih susu (milk frother).

4. FRENCH PRESS

Alat ini bisa dibilang banyak digemari berbagai pecinta kopi. Selain penggunaannya yang cukup mudah, French Press bisa menghasilkan beberapa gelas kopi dalam sekali pembuatannya. Sangat efisien dan efektif, karena kemudahan pengoperasiannya, alat ini sangat cocok untuk digunakan para pecinta kopi pemula yang ingin mencoba meracik kopinya sendiri.

5. Kalita Wave

Kalita Wave mempunyai bentuk yang cukup unik. Sebenarnya untuk cara penggunaan, alat ini mirip dengan Hario V60. Hanya saja memang Kalita Wave menawarkan bentuk yang berbeda, yang disesuaikan dengan selera penggunanya.  Bentuknya trapesium dan bagian bawahnya datar. Harganya variatif tergantung kualitas dan ukurannya.